Tulisan Apasaja, Ini Adalah Mediaku untuk Berbagi

Taman Buah Mangunan, Imogiri, Bantul

Lama tidak menulis di blog, entah kenapa alasan yang tepat untuk menjawabnya, mungkin jawaban paling mudahnya adalah "sedang menikmati dunia nyata". Ya, akhir-akhir ini saya sedikit mengurangi aktifitas di dunia maya, baik dari blog, facebook, twitter, instagram dan beberapa jejaring sosial lain yang berhubungan dengan dunia maya. Sekarang sedang menikmati dunia nyata yang ternyata begitu luas untuk dijelajahi dengan kedua kaki ciptaan-Nya, Pencipta Alam Raya ini. Bukan karena punya pacar baru terus sok-sok'an ngilang dari temen-temen atau ngilang dari sosial media, terserah kalian yang mengatakan "wih sekarang mentang-mentang udah pacaran terus lupa temen" atau bla bla bla... whatever you say lah !. Akhir-akhir ini memang saya sedang menikmati kehidupan nyata, sedikit mengurangi rutinitas, atau bisa dibilang sedang ingin keluar dari zona nyaman, menuju zona baru yang lebih jauh dari nyaman yang seperti biasanya.
Jalan-jalan adalah media untuk merefresh diri dari kepenatan "Rutinitas"
Taman Buah Mangunan, Imogiri, Bantul
Jalan-jalan menjadi media untuk refresh otak, jiwa dan juga raga, kenapa demikian ? ya menurut opini atau dari sudut pandang saya pribadi seorang penulis blog yang tulisannya tidak jelas ini, saya beranggapan bahwa dengan jalan-jalan atau sering disebut "Piknik", kita akan melupakan sejenak penat yang ada di otak, akan melupakan sejenak masalah-masalah yang membebani diri. Kita simak sedikit contoh kecilnya saja ya, bagi kalian mahasiswa semester akhir yang lagi fokus dan lagi mati-matian mengerjakan skripsi, kalian pasti suatu saat akan merasa jenuh, penat dan bosan dengan skripsi tersebut, kemudian manakala memutuskan diri untuk piknik, sejenak ketika itu ( saat piknik ), semua hal yang berkaitan dengan skripsi akan hilang, tidak akan terpikirkan sedikitpun, merasa bebas, lepas bahkan serasa tidak punya tanggungan skripsi yang siap menghantui setelah piknik usai. Nah coba resapi, coba amati atau coba lakukan hal itu ! coba piknik sejenak, merenggangkan otot-otot syaraf otak agar kembali bugar seperti Ibu-Ibu muda yang selalu rutin senam pagi atau melakukan Yoga di akhir pekan. Selamat berpiknik ! dan berikut ini beberapa foto yang berhasil kami dokumentasikan ketika piknik ke Taman Buah Mangunan, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Taman Buah Mangunan, Imogiri, Bantul


untuk info seputar taman buah mangunan, beberapa saat sebelum keberangkatan kami berdua kesana, sempat googling dan menemukan beberapa link / beberapa artikel yang menarik, yang mendeskripsikan taman buah mangunan dengan tulisan yang menarik untuk dibaca. Berikut ini saya copy artikelnya, selamat membaca :


Seperti simfoni orkestra menyuguhkan harmoni, suara tonggeret berganti satu dengan lainnya, daun-daun bergesekan di keheningan belantara Kebun Wisata Buah Mangunan. Sinar matahari menyelinap diantara rerimbunan daun pepohonan yang tidak mampu menyentuh lantai tanah kawasan ini. Kebun Buah Mangunan terletak di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut di gugusan pegunungan Imogiri. Berada di puncak bukit kita bisa melihat pemandangan indah lekukan Sungai Oya yang berhulu di pantai Parangtirits.
Untuk mendapatkan pemandangan indah ini kita bisa melihat langsung di puncak bukit Kebuh Buah Mangunan. Akses menuju bukit tersebut terdapat dua jalur, untuk pengendara motor dan bagi pejalan kaki. Untuk menikmati perjalanan menuju bukit gardu pandang pilihlah jalur bagi pejalan kaki, di jalur ini kita bisa menikmati rute batuan purba yang berserakan pada bukit ini. Jalan setapak dipenuhi bebatuan purba menempel pada bukit menjadi hiasan mewah di Kebun Buah Mangunan. 

Disepanjang jalan setapak yang menembus di perbukitan ini, kita bisa menikmati suara burung yang berkicau, gesekan ranting daun bahkan lenguhan Sapi dari bawah pun terdengar begitu jelas. Bagi pejalan kaki yang mengalami rasa kelelahan tidak perlu khawatir karena sudah terdapat beberapa pos peristirahatan yang siap menyambut untuk berisitirahat. 

Sesampainya di tempat tujuan, pemandangan indah menjadi buah dari perjalanan menuju puncak bukit ini. Lekukan Sungai Oya dan jembatan gantung terlihat begitu menawan  seperti miniatur paket tata alam dimana tangan kita bisa meraihnya.
Untuk di area bawah, Kebun Buah Mangunan memiliki fasilitas cukup beragam melakukan kegiatan luar ruang seperti, aula besar (300 orang), aula sedang (100 orang), pendopo (2 tempat), gazebo, joglo, mushola, area kemah (3 tempat) kolam pemancingan (1 tempat), kolam renang anak-anak (2 pool), area outbond, sarana outbond (flying fox, reflying, dll), pondok inap (2 pondok), kamar mandi, parkir luas, kebun aneka buah, peternakan, camping ground 1 Ha dan Arena bermain anak.
Untuk menikmati wahana flora dan fauna Kebun Buah Mangunan memiliki beberapa koleksi tanaman buah: Durian 1500 pohon, Jambu air 300 pohon, Jeruk 220 pohon, Mangga 950 pohon, 200 aneka tanaman buah-buahan dan Ternak sapi 40 ekor.Bagi penggemar sepeda gunung, dua lintasan trek turut melengkapi keberadaan obyek wisata ini. Lintasan pertama sepanjang 2.300 m khusus untuk downhill dan lintasan kedua sepanjang 3.800 m untuk kelas cross country. (aanardian/kotajogja.com)
Untuk informasi lebih lanjut: 
Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, Provinsi DI. Yogyakarta.
Jl. Ring Road Timur, Manding, Bantul, DI. Yogyakarta. 
Telp. (0274) 6460182 & 6460236




0 komentar:

Posting Komentar

Taman Buah Mangunan, Imogiri, Bantul